5 Cara Menjadikan Hobi Sebagai Sumber Penghasilan Online

5 Cara Menjadikan Hobi Sebagai Sumber Penghasilan Online

Jika kamu ahli dalam bidang terntentu atau memiliki hobi yang sangat kamu nikmati, maka saran saya adalah agar menjadikan hobi sebagai sumber penghasilan online. Kita semua mempunyai peluang besar untuk menghasilkan uang dari hobi yang kita geluti, selama kita bersedia belajar beberapa keterampilan tambahan untuk menunjangnya. Berikut 5 caranya:

1. Mulai Channel YouTube.

Penghasil YouTube teratas, Daniel Middleton, menghasilkan $ 16,5 dari postingan video Minecraft yang dia upload di channel YouTubenya. Yang perlu diperhatikan dari cara yang pertama ini adalah bahwa jangan sampai kita menggunakan video orang lain. Kita harus berkarya. Hobi kita bisa menjadi sumber penghasilan seperti juga yang dilakukan oleh sahabat saya Febri RacingSimBelitang.

Dan tidak harus menggunakan Adsense, kita bisa menampilkan iklan secara langsung seperti yang dilakukan Chanel Yufid.TV agar kita dapat terhindar dari iklan-ikan yang mengiklankan hal-hal yang dilarang oleh agama kita.

Membuat channel YouTube yang sukses membutuhkan kerja keras. Ini bukan sesuatu yang terjadi secara instan, tetapi berkembang seiring waktu, jika kita tekun untuk membuat video-video yang banyak disukai, maka kita akan dengan mudah mendapatkan uang dari sana. 

2. Menjadi influencer Instagram.

Influencer, brand ambassador, selebgram atau mungkin buzzer merupakan hal yang sama. Instagram adalah platform yang sangat visual, jadi jika kita memiliki hasrat untuk sesuatu seperti mode atau olahraga yang bekerja dengan baik dalam gambar atau video, kita dapat menghasilkan cukup banyak uang dari Instagram ketika kita mempunyai cukup banyak follower.

Cara banyak orang menghasilkan uang dari Instagram adalah dengan menjual ruang di akun Instagram mereka. Ini sering disebut “shout out.” Mau coba?

3. Membuat kursus online.

Banyak orang mengubah hobi mereka menjadi keuntungan dengan menciptakan kursus yang mengajarkan orang lain bagaimana melakukan apa yang mereka lakukan sehingga mereka menjadi seorang ahli. Ini adalah bagian dari model yang digunakan oleh Mas Defriansyah penulis buku Jualan Laris Dari Google

Di bukunya dia bertutur bahwa awalnya tidak pernah terbesit di benaknya untuk menjadi pengajar atau bahkan penulis buku. Tapi karena kegemarannya bergelut dengan dunia online khususnya SEO, dia menjadi ahli dan kini membuka kursus seo online. Asik kan?!

Baca Juga  Tiga Langkah Mudah Menemukan Jenis Usaha Modal Kecil Untung Besar

4. Menghasilkan uang blogging.

Jika Anda suka menulis dan dapat menghasilkan konten berkualitas tinggi tentang hobi kita secara rutin, maka ini bisa menjadi pilihan yang baik bagi kita untuk menghasilkan uang dari hal yang kita sukai.

Anda dapat memonetisasi blog dengan mempromosikan produk yang masih berhubungan dengan hobi kita atau menjual produk kita sendiri.

5. Jual layanan kita secara online.

Cara tercepat untuk menghasilkan uang dari hobi atau keahlian kita adalah menjual layanan. Misalnya seperti menulis, mendesain web (ini yang saya lakukan). Saya membuka jasa pembuatan website bersama beberapa rekan saya. Dan alhamdulillah sudah banyak website yang saya buat. Beberapa diantaranya adalah muslimklik.com, enterprovider.com, kainbatiksolo.com, shafajogjautara.com, dacgroup.co.id, dan masih banyak yang lainnya. 

Kita dapat mengatur situs web dua halaman sederhana, membuat iklan kecil di Google Adwords dan mulai mendapatkan klien dalam seminggu. Dan jika kita tidak ingin membangun situs web, maka penawaran untuk bekerja di situs seperti 99design dapat menjadi cara yang bagus untuk mendapatkan uang tunai dari desain grafis. Temanku Dhetya Pratama sering mendapatkan juara satu di 99design.

 

Kesimpulan 5 Cara Menjadikan Hobi Sebagai Sumber Penghasilan Online

Kunci terbesar untuk semua cara untuk mengubah hobi kita menjadi penghasilan online adalah pengunjung atau follower. Ini adalah bagian tersulit dari setiap metode monetisasi. Kita harus memberikan perhatian lebih khusus pada konten yang kita buat untuk menghasilkan uang. Jadi, jika kita memutuskan salah satu dari metodologi ini untuk mengubah hobi kita menjadi laba, pastikan bahwa kita memfokuskan setidaknya 50 persen waktu kita mempelajari metodologi mendatangkan pengunjung ke website, blog ataupun channel YouTube yang telah kita buat. 

Post Comment