6 Langkah Memulai Bisnis Online

6 Langkah Memulai Bisnis Online

Ingin memulai bisnis online atau memulai blog baru, tetapi tidak yakin harus mulai dari mana? 6 Langkah Memulai Bisnis Online ini akan memberikan gambaran kepada Anda agar lebih yakin dan mantap untuk segera terjun ke bisnis online seperti saya.

Jika diantara kita ingin mendapatkan penghasilan sampingan atau bahkan sepenuhnya merubah penghasilan kita saat ini dengan bisnis online, maka kita dapat dengan cepat dan mudah mendapatkan ide, membangun keberadaan web, mulai mengarahkan pengunjung ke situs web kita dan mulai menghasilkan penjualan.

Dengan itu, mari kita lihat langkah sederhana yang dapat kita lakukan ini sehingga kita bisa segera memulai menjalankan bisnis online yang sukses dengan cepat dan mudah.

1. Kenali Pasar

Salah satu kunci sukses terbesar dengan bisnis online adalah mengetahui pasar yang kita (atau inginkan) masuk.

Dalam hal ini ada dua pertanyaan yang harus dijawab. Pertama, apa keinginan dan kebutuhan terbesar mereka? dan kedua adalah apa kata-kata yang tepat yang membuat mereka tertarik? Ini sudah saya jelaskan dalam artikel cara mencari keyword yang tepat dengan google keyword planner.

Intinya, semakin baik kita mengenal pasar kita, insyaAllah kita akan semakin sukses dalam menawarkan produk dan layanan yang tepat kepada mereka. Setelah tahu apa yang dibutuhkan oleh pasar, baru kita bisa menentukan atau mencari produk yang cocok untuk ditawarkan kepada mereka.

2. Daftarkan Nama Domain

Jadi kita telah memutuskan produk apa yang akan kita jual atau tawarkan kepada calon pembeli, maka langkah pertama setelah itu adalah membeli nama domain untuk bisnis online baru kita. Nama domain kita adalah alamat unik kita di internet. Ini merupakan kekayaan intelektual kita, seperti paten atau merek dagang. Ada banyak pihak penyedia hosting atau reseller domain yang bisa kita gunakan untuk membeli atau mendaftarkan nama domain.

Baca Juga  Pekerjaan Ibu Rumah Tangga Yang Bisa Menghasilkan Uang

Banyak diantara penyedia hosting menawarkan domain secara “gratis” setelah membeli paket hosting atau pembelian lain. Pastikan untuk mengonfirmasi bahwa domain tersebut terdaftar atas nama kita.

Juga, jika kita menggunakan jasa dari perusahaan lain, kita harus memastikan bahwa kita benar-benar membeli nama domain dan terdaftar atas nama kita dan tidak dimiliki oleh perusahaan tempat kita beriklan.

3. Membeli Web Hosting

Web hosting adalah perusahaan yang pada dasarnya “menyewakan” ruang kepada kita di server mereka untuk meng-host situs web kita.


Promo! Website profesional  domain.com/net cukup bayar Rp. 3.500.000,- (Rp. 1.500.000,-). Potongan harga sebesar 2jt. Dapatkan juga panduan dalam mengelola website sehingga Anda bisa mandiri dan mahir dalam mengelolanya. Klik:


 

Baca Juga  Cara Membuat Website Toko Online GRATIS

Perusahaan-perusahaan ini biasanya menawarkan pendaftaran domain dan seringkali lebih mudah untuk memiliki keduanya dengan perusahaan yang sama meskipun banyak orang akan membeli domain mereka dengan satu perusahaan dan menamainya dengan yang lain.

Pada dasarnya web host kita adalah tempat kita meletakkan halaman web, artikel, gambar, video, dll.

Fitur-fitur web host seperti kapasitas penyimpanan, persentase uptime, email berbasis domain dan keamanan server harus menjadi hal penting untuk dipertimbangkan ketika memilih web host. Hal penting lainnya yang perlu dipertimbangkan, mungkin yang paling penting, adalah dukungan pelanggan 24/7 yang mudah diakses.

4. Merancang Situs Web Sendiri

Sepertinya hal ini adalah hal yang sulit bagi setiap orang yang tidak pernah belajar IT. Tapi padahal Ini tidak sesulit kedengarannya. Kita memiliki dua opsi untuk pembuatan situs:

Membuat Website Sendiri atau sewa desainer untuk membuatnya untuk kita. Tentu cara yang pertama jauh lebih lama dan dibutuhkan kesabaran untuk belajar.

Baca Juga  Cara Buat Blog Lewat HP - Lengkap Disertai Video

Jika kita tidak punya waktu atau kesabaran untuk belajar cara membangun situs web, saran saya adalah kita menyerahkan hal itu kepada orang yang sudah terbiasa membuatnya. Misalnya saya, hehee.. Ini penting, daripada kita sibuk dan pusing dengan hal-hal teknis, lebih baik outsourcing itu ke pihak lain sehingga kita dapat fokus pada hal-hal penting seperti penciptaan produk, pemasaran dan promosi , dan aktivitas bernilai lebih tinggi lainnya.

5. Dapatkan Banyak Pengunjung ke Website

Ini sangat penting, bahkan lebih penting dari produk itu sendiri. Produk terbaru yang menakjubkan akan tidak ada harganya jika sulit ditemukan di mesin pencari dan terkubur di bawah jutaan situs web lain. Untuk menghasilkan penjualan online, kita harus mendorong website kita agar mudah ditemukan oleh calon pembeli (Google, Bing, dan Yahoo)

Jika ingin dengan cara yang gratis, kita harus rajin membuat artikel sesuai dengan kata kunci yang telah kita cari pada langkah pertama. Setelah kita mulai mendapatkan keuntungan, kita dapat menginvestasikan kembali ke metode berbayar untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung (seperti iklan bayar per klik) karena metode berbayar jauh lebih cepat dan terukur daripada metode gratis pada umumnya.

6. Melacak Pertumbuhan

Alat yang mudah (dan gratis) tersedia yang memungkinkan untuk memantau berapa dan dari mana pengunjung website kita. Tools gratis milik google adalah Google Analytics – yang dapat melacak, antara lain:

  • Halaman Populer
  • Sumber lalu lintas
  • Kata kunci populer
  • Lokasi klik

Laporan-laporan ini dapat dikustomisasi dengan sejumlah besar variabel termasuk rentang tanggal, tampilan halaman, dan lamanya waktu di situs.

Dengan ini kita dapat mengetahui topik atau produk apa yang paling banyak diminati oleh pengunjung. Jika kita telah tahu, kita tinggal perbanyak promosi dan produksi produknya.

Baca Juga  Cara Mengatur Ukuran Font Di WordPress

Kesimpulan Artikel “Bagaimana Memulai Bisnis Online?”

Demikian artikel tentang bagaiamana memulai bisnis online ini. Banyak jalan dan banyak cara. Ini adalah salah satu caranya dan bukan satu-satunya. Langsung praktek aja!! hehee

Semoga tutorial yang singkat ini bisa membantu. Jika tutorial ini tidak sesuai dengan yang Anda inginkan atau ingin tutorial yang lain terkait pembahasan ini atau ada hal-hal yang ingin didiskusikan silahkan hubungi saya melalui WhatsApp 0852 1516 9179.

Mari berdiskusi lebih lanjut tentang hal ini, bergabung dengan saya di group facebook Kerja Online Indonesia.

Bagaimana Memulai Bisnis Online

Bagaimana Memulai Bisnis Online bro

Shortlink:

Post Comment