Cara Backup Postingan Blog Beserta Komentar di Blogspot

Cara Backup Postingan Blog Beserta Komentar di Blogspot

Artikel Cara Backup Postingan Blog Beserta Komentar di Blogspot ini akan membahas tentang bagaiamana melakukan back up postingan blog beserta komentar di blogspot.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, Blogger menawarkan blog gratis kepada siapa saja yang memiliki akun gmail, bahkan tidak hanya satu, satu akun gmail bisa digunakan untuk membuat lebih dari satu blog gratis. Kita tahu pasti, bahwa blog kita aman dengan Google (atau menyebutnya Blogger). Tapi ada kemungkinan, tiba-tiba kita kehilangan isi blog.

 

Jadi, untuk menghindari semua ini, cukup kita harus sering-sering mencadangkan konten, komentar, dan widget blog kita bila memungkinkan.
Metode ini sama seperti membackup template blogspot kita, satu-satunya perbedaan adalah, kita harus masuk ke Blogger Beta, dan setelah menyelesaikan prosesnya, kita akan mendapatkan file xml yang berisi semua entri blog dengan komentar, yang kemudian dapat diunggah ke blog lain dengan template lainnya. Simpan file itu di komputer kita atau di tempat yang online juga.

Caranya adalah:

  1. Pertama kita harus login ke Draft.Blogger.Com. Ingat, bukan Blogger.com
  2. Lalu pergi ke bagian Setelan > Lainnya  
  3. Sekarang klik “Backup Konten“, lalu klik “Simpan ke Komputer“. Tunggu sampai selesai, waktu download bergantung pada jumlah posting dan komentar.

Cara Backup Postingan Blog Beserta Komentar di Blogspot

Setelah kita mendapatkan file *.xml, kita bisa mengupload file ini dengan proses yang sama ke blog baru atau lama. Saat mengunggah kita cukup mengklik “Import Konten” di bagian pengaturan blog yang baru jika ingin dipindahkan ke blog yang lain.

 

Cara lain untuk mencadangkan konten kita adalah dengan berlangganan blog kita sendiri melalui email. Dengan cara ini, semua tulisan baru yang kita tulis akan dikirimkan ke inbox email kita.

Baca Juga  Panduan Untuk Mengatur Domain Custom Pada Blogspot

Mudah dan inshaaAllah sangat bermanfaat untuk mengamankan konten-konten kita.

 

Share This Post

2 Responses to "Cara Backup Postingan Blog Beserta Komentar di Blogspot"

Post Comment