Cara Membuat Blog yang Menghasilkan Uang Untuk Pemula [6 Langkah Mudah Untuk Pemula]

Cara Membuat Blog yang Menghasilkan Uang Untuk Pemula [6 Langkah Mudah Untuk Pemula]

Memulai sebuah blog adalah langkah awal bagi kita yang ingin menekuni dan bahkan menjadikan blogger sebagai sumber penghasilan. Artikel “Cara Membuat Blog yang Menghasilkan Uang Untuk Pemula” ini akan menuntun kita mewujudkan impian itu.

Dengan blog, kita bisa mengekspresikan diri, berbagi keahlian, dan membangun jaringan, juga membantu kita mendapatkan penghasilan yang layak melalui blog kita.

Jika kita baru mengenal blogging dan bertanya-tanya bagaimana cara memulai blog secara GRATIS, pada artikel ini, saya akan menunjukkan cara membuat blog gratis di blogger.com (platform blogging gratis milik Google).

Baca juga: Kursus Online Membuat Website


Promo: Dapatkan website profesional dengan domain premium (.com/.net) harga 3.500.000,- 3jt (bisa dicicil 3x).


 

Baca Juga  Cara Backup Postingan Blog Beserta Komentar di Blogspot

Mari mulai artikel “Cara Membuat Blog yang Menghasilkan Uang Untuk Pemula [6 Langkah Mudah Untuk Pemula]” kita ini dengan pengenalan dasar Blogger.com.


Pengantar Blogger.com

Blogger.com adalah situs atau platform blogging gratis milik Google dimana kita dapat membuat blog gratis dengan subdomain .blogspot.com. Misalnya, disela-waktuku.blogspot.com (blog pertama saya) atau kita dapat membeli domain (disarankan) agar situs web kita sempurna. (misalnya, www.dedipurnomo.com).

Keuntungan memulai blog di Blogger.com

  •  Memulai sebuah blog di Blogger.com bebas dan mudah.
  •  Platform ini dimiliki oleh Google, jadi kita memiliki kepercayaan dan kredibilitas itu.
  •  Meskipun ada banyak platform blogging gratis seperti WordPress.com, Weebly, Tumblr, Blogger.com adalah pemenang dari semuanya ketika dilihat dari sisi fitur yang ditawarkan.
  •  Kita dapat memonetisasi blog kita dengan Google AdSense dan program lainnya seperti pemasaran afiliasi dengan mudah, tidak seperti platform lainnya.

Sekarang mari kita lihat bagaimana kita bisa memulai blog kita sendiri dengan panduan langkah demi langkah di bawah ini.

Membuat Account Blogger

Untuk memulai, masuk ke Blogger.com, dan kita akan disambut dengan halaman arahan yang indah yang meminta kita untuk membuat blog gratis.

cara membuat blog yang menghasilkan uang untuk pemula
Beranda Blogger.com

Karena blogger.com adalah produk oleh Google, kita dapat dengan mudah membuat akun blog gratis dengan masuk ke akun Gmail pilihan kita setelah kita mengklik tombol “CREATE YOUR BLOG”.

Setelah masuk ke akun gmail, kita akan diminta untuk menggunakan blogger sebagai profil Google plus default kita atau jika kita ingin melanjutkan profil blogger.com yang terbatas.

cara membuat blog yang menghasilkan uang
Memilih profil Blogger

Saya sarankan untuk memilih yang pertama untuk keuntungan tambahan seperti menghubungkan blog dengan profil sosial plus Google kita.

Pada layar berikutnya, klik tombol ” Buat blog Anda ” lagi untuk meluncurkan blog pertama kita.


LANGKAH 2:

Memilih Nama Blog dan Tema

Di layar berikutnya, kita bisa memilih sub domain untuk blog kita.

Nama domain , jika tidak tahu, adalah alamat dimana orang-orang di seluruh dunia dapat mengakses situs kita.

Ini seperti alamat kantor fisik kita yang orang perlukan untuk mengunjungi kita di kantor. Pilih nama domain pendek yang relevan dengan topik blog kita. Misal milik saya www.ddzgn.blogspot.com

 

cara membuat blog yang menghasilkan uang
menentukan subdomain dan memilih tema

 

Selanjutnya, pilih tema yang sesuai (putuskan bagaimana blog kita akan terlihat oleh pegunjung) untuk blog kita dan klik tombol “Buat blog! “. (Jangan khawatir kita selalu bisa mengubahnya nanti).


<!––nextpage––>

LANGKAH 3: Cara Membuat Blog yang Menghasilkan Uang Untuk Pemula [6 Langkah Mudah Untuk Pemula]

Mengoptimalkan Blog Blogger 

Setelah kita membuat blog, saatnya untuk mengoptimalkannya agar lebih banyak pengunjung yang masuk melalui mesin pencari.

Ini adalah proses satu kali. Kita bisa mengaksesnya di panel sisi kiri.

Cukup klik pada pilihan yang bertuliskan ” Setting”, dan kita bisa mengoptimalkan blog kita seperti di bawah ini:

Pengaturan Blogger
Pengaturan Blogger

1. Menambahkan deskripsi ke blog kita

Menambahkan deskripsi ke blog blogger kita membantu pembaca dan mesin pencari mengetahui blog kita. Kita dapat mengaturnya dengan memilih opsi pengaturan dasar di bawah panel “pengaturan utama. atau Basic

tambahkan deskripsi blog
Tambahkan deskripsi blog Anda

2. Optimalkan bagian postingan blog blogger

Bagian ini akan mengoptimalkan beranda kita dan bagaimana hal-hal seperti di setelan satu pos kita.

mengoptimalkan pengaturan postingan
Beberapa pengaturan penting lainnya

Pengaturan ini cukup jelas, dan jika kita mendapatkan masalah, maka kita bisa mengklik simbol bantuan (simbol tanda tanya) untuk mendapatkan rincian lebih lanjut tentang hal itu.

3. Optimalkan blog kita untuk SEO

Pada bagian ini, kita dapat mengoptimalkan blog kita untuk mesin pencari.

Preferensi Pencarian Blogger

Preferensi Pencarian Blog

  • Meta tags : kita akan menulis ringkasan bagus tentang blog kita di sini. Ini akan muncul di search engine dan akan menarik pembaca ke blog kita.
  • Laman khusus tidak ditemukan : Saat orang mendarat di situs web kita melalui URL yang sudah tidak ada lagi, kita dapat memberi pesan kepada mereka bahwa laman tersebut tidak ada. Kita dapat mengatur teks atau pesan HTML yang menginstruksikan apa yang harus dilakukan selanjutnya.
  • Pengalihan ubahsuaian : Jika seseorang menautkan ke salah satu pos atau laman kita, dan kita pun akan menghapus laman itu, atau mereka menautkan ke URL salah yang tidak ada, kita dapat menggunakan opsi ini untuk mengalihkan semua tautan balik tersebut ke satu laman. Idealnya, ini harus menjadi URL beranda kita di sini.

 

Baca Juga: Meningkatkan SEO Blog Cara Menambahkan Meta Tag Ke Blogger (Blogspot), WordPress dan Website Lain

 

Bagian berikutnya adalah sesuatu yang saya sarankan agar kita tidak bermain-main dengannya.


LANGKAH 4: Cara Membuat Blog yang Menghasilkan Uang Untuk Pemula [6 Langkah Mudah Untuk Pemula]

Mengedit Tema dan Tata Letak

Nah, ini adalah bagian ke 4 dari tutorial “Cara Membuat Blog yang Menghasilkan Uang Untuk Pemula [6 Langkah Mudah Untuk Pemula]

Blogger sudah memiliki berbagai template gratisan yang simple. Tapi, jika kita ingin mencari template blog yang berbeda, kita bisa mendownloadnya dari pencarian Google yang sederhana.

Namun, di artikel ini, kita akan lanjut dengan template blogger bawaan.

1. Menambahkan logo

Logo adalah apa yang mendefinisikan dan mengidentifikasi merek kita. Blogger.com juga memungkinkan kita untuk mengatur logo kustom untuk blog kita.

Karena kita pemula, kita tidak perlu mendapatkan desain logo yang mahal. Kita bisa membuat logo sederhana sendiri dengan menggunakan alat gratis seperti Canva.

Setelah itu, kita bisa masuk ke opsi layout dan pilih “edit” link di kotak header.

Ini memberi kita berbagai pilihan untuk mengatur logo, memilih gambar khusus untuk mengunggah yang sudah kita buat di Canva.

Pengaturan Tata Letak Blogger
Pengaturan Tata Letak Blogger

2. Menyembunyikan navbar

Navbar adalah bilah navigasi yang kurang menyenangkan di bagian atas setiap halaman. Sebaiknya hapus ini karena terlihat jelek dan juga membuat pembaca blog kita masuk ke blog lain melalui link blog berikutnya.

Untuk menghapusnya, klik pada “edit” link pada kotak yang bertuliskan navbar dan di jendela popup berikutnya, matikan.

 

3. Menambahkan gadget khusus

Gadget adalah potongan kode yang membantu kita menambahkan berbagai fungsi di blog kita.

Kita dapat menggunakannya untuk menambahkan tombol media sosial , opsi penelusuran, formulir kontak , statistik pengunjung, menu khusus, atau apa pun melalui HTML biasa.

Jika kita ingin menambahkan gadget khusus ke blogger, saat kita memilih opsi “tata letak“, kita akan menemukan hyperlink kecil yang bertuliskan “menambahkan gadget.” Klik tomblo itu dan nanti kita akan dibawa ke gadget blogger default, dan kita bisa memilih yang mana yang akan ditambahkan.

Dengan ini, kita telah menyiapkan blog profesional secara gratis di Blogger.com. Yang perlu kita lakukan selanjutnya adalah menulis posting dan halaman yang mengarahkan lalu lintas ke blog kita.


 

LANGKAH 5: Cara Membuat Blog yang Menghasilkan Uang Untuk Pemula [6 Langkah Mudah Untuk Pemula]

Penerbitan Konten

Jika bingung, posting dan halaman secara fungsinya sama, kecuali kenyataan bahwa halaman biasanya adalah data konstan yang jarang berubah atau diperbarui.

Ini berarti kita dapat menggunakan halaman untuk membuat halaman tentang, kebijakan privasi dan halaman penyangkalan dan informasi lainnya yang selalu konstan (tidak berubah).

 

Ingat

Di blogger, kita bisa membuat artikel tak terbatas (posting) dan hanya 20 halaman . Jadi gunakan halaman dengan bijak.

1. Membuat halaman tentang kami untuk blog

Halaman tentang, mungkin akan menjadi halaman blog yang paling banyak dikunjungi karena setiap pembaca yang datang ingin melihat siapa kita, misi kita dan apa yang dapat mereka harapkan dari blog kita.

Menulis halaman tentang yang sederhana, kita hanya perlu memberi pengantar untuk diri kita sendiri.

Setelah itu, kita bisa sedikit berbicara tentang blog kita dan topik apa yang dapat diharapkan pembaca dari hal itu.

Jika kita menyediakan layanan atau terbuka untuk transaksi bisnis, ada baiknya menyebutkannya di sini dan menghubungkannya dengan halaman terpisah yang akan kita buat untuk mereka.

Terakhir, jangan lupa menambahkan saluran sosial kita seperti facebook page atau profile atau Twitter, instagram, agar mereka mengikuti kita disana.

2. Menuliskan kebijakan privasi dan halaman disclaimer

Kebijakan privasi dan halaman disclaimer menambahkan klarifikasi hukum mengenai bagaimana situs kita menggunakan data pengunjung kita dan faktor-faktor apa yang menjadi tanggung jawab kita dan apa yang tidak.

Ini adalah halaman penting yang harus kita buat sebelum meluncurkan blog kita secara publik atau mengajukan permohonan untuk program monetisasi seperti AdSense.

Sekarang, tidak ada yang perlu ditakuti. Halaman-halaman ini dapat dengan mudah dibuat atau dihasilkan tanpa banyak pengetahuan teknis.

Baca: Cara Membuat Halaman Kebijakan Privasi Untuk Blogger Dan WordPress?

3. Menuliskan postingan pertama.

Sekarang saatnya menulis posting atau artikel yang ingin dibaca orang di blog kita.

Topiknya bisa berupa keahlian yang kita miliki atau kata kunci yang ingin kita kejar saat orang mencarinya di Google.

Untuk menulis posting, masuklah ke dashboard blogger dan pilih opsi “New Post.

menulis posting di blogger
Menulis posting pertama anda

Kemudian kita akan dibawa ke editor tempat kita dapat menulis posting blog kita, kita bisa memberikan judul, menambahkan gambar dan bahkan hyperlink ke posting dan halaman lain di blog atau artikel referensi kita di seluruh web.

Konsep pengeditan persis seperti yang kita lakukan di MS Word atau Google doc, jadi tidak akan sulit.

Saran saya, tulislah minimal 5 tulisan sebelum membagikan blog ke teman-teman atau share ke sosial media. Memiliki jumlah posting blog yang layak akan membuat pengunjung blog kita merasa lebih nyaman dan akan kembali lagi.


 

LANGKAH 6: Cara Membuat Blog yang Menghasilkan Uang Untuk Pemula [6 Langkah Mudah Untuk Pemula]

Mendapatkan Blog Kita Dengan Google AdSense

Panduan memulai blog gratis pasti akan tidak lengkap tanpa tutorial mengUANGkan blog Blogspot kita.

Berikut adalah cara menguangkan blog blogger kita dengan Adsense.

Tolong dicatat:

Ada banyak sekali cara yang bisa kita dapatkan untuk mendapatkan uang melalui blog kita seperti menyediakan layanan/jasa, menjual produk, pemasaran afiliasi, dan lain-lain, namun di luar cakupan artikel ini.

Kalau kita sudah memiliki minimal 5 jumlah posting blog dan pembaca yang bagus, kita pasti bisa menggunakan Google AdSense untuk mendapatkan uang dari blog Blogspot.

Kita dapat dengan mudah mendaftar AdSense melalui dasbor blogger dan mendapatkan persetujuan.

Untuk mendaftar AdSense melalui BlogSpot.com, buka dasbor kita, klik ” Penghasilan ” dan klik berlaku untuk AdSense.

Monetize blog blogger dengan adsense
Monetisasikan Blog kita dengan Adsense

Karena saya membuat blog demo untuk tujuan tutorial ini, ini belum layak untuk AdSense . Namun, jika kita memiliki semua halaman yang kita bahas di atas dan beberapa posting, kita dapat berhasil mendapatkan persetujuan.

 


Kesimpulan; Cara Membuat Blog yang Menghasilkan Uang Untuk Pemula [6 Langkah Mudah Untuk Pemula] 

Kita telah menyelesaikan kursus kilat “Cara Membuat Blog yang Menghasilkan Uang Untuk Pemula” untuk membuat blog gratis di blogger.com. Saya harap teman-teman memulai blog gratis teman-teman sendiri, mendapatkan pengalaman pertama dalam blogging dan mendapatkan sejumlah uang untuk membeli kopi di warkop dekat rumah.

Setelah ini, kita dapat memigrasikan blog kita kapan saja ke blog WordPress yang di-host sendiri untuk mendapatkan kontrol lebih terhadap blog kita dan mendapatkan lebih banyak potensi untuk pertumbuhannya.

Semoga tutorial ini bisa membantu. Jika tutorial ini tidak sesuai dengan yang Anda inginkan atau ingin tutorial yang lain terkait pembahasan ini atau ada hal-hal yang ingin didiskusikan silahkan hubungi saya melalui WhatsApp 0852 1516 9179.

Mari berdiskusi lebih lanjut tentang hal ini, bergabung dengan saya di group facebook Blogger OKU Timur

Share This Post

Shortlink:

3 Responses to "Cara Membuat Blog yang Menghasilkan Uang Untuk Pemula [6 Langkah Mudah Untuk Pemula]"

Post Comment