Cara Membuat Website Sendiri Menggunakan WordPress Untuk Pemula

Cara Membuat Website Sendiri Menggunakan WordPress Untuk Pemula

Cara Membuat Website Sendiri Menggunakan WordPress Untuk Pemula. Kali ini, saya akan memandu memulai sebuah blog atau website dengan wordpress. Tidak perlu panjang lebar saya jelaskan, beberapa hal dibawah ini mungkin akan menjawab pertanyaan yang ada di dalam benak teman-teman.


Promo! Website profesional  domain.com/net cukup bayar Rp. 3.500.000,- (Rp. 1.500.000,-). Potongan harga sebesar 2jt. Dapatkan juga panduan dalam mengelola website sehingga Anda bisa mandiri dan mahir dalam mengelolanya. Klik:


 

Baca Juga  Solusi WordPress The Upload Max Filesize Directive In php.ini

Apa itu WordPress?

WordPress is a publishing platform that makes it easy for anyone to publish online, and proudly powers millions of websites. Bingung? haha. Itu yang dijelaskan di website resminya WordPress. Yang kalau dijelaskan dalam bahasa kita, WordPress adalah platform penerbitan yang memudahkan siapa pun untuk mempublikasikan secara online.

Kalau masih bingung, jangan terlalu difikirin. Ini kurang terlalu penting. Yang penting praktek aja ya.

Kenapa WordPress?

Mungkin teman-teman ada yang bertanya, kenapa pada tutorial Cara Membuat Website Sendiri ini saya menggunakan wordpress. Platform yang lain juga banyak kan? Baiklah, begini, wordpress itu:

  • Free alias Gratis & Open Source
  • WordPress mudah untuk dikelola bahkan untuk orang yang belum lama barkecimpung di dunia website
  • Tersedia banyak sekali template baik berbayar maupun gratis.
  • WordPress sangat SEO friendly
  • WordPress sangat memperhatikan keamanan
  • dan masih banyak lagi. Nanti rasakan sendiri kalau sudah menggunakan wordpress atau silahkan searching di Google untuk melihat pendapat orang mengenaik wordpress. (males banget nulis ya?)

Apa yang Kita butuhkan untuk Memulai Blog Menggunakan WordPress?

Ada tiga hal yang kita butuhkan untuk memulai blog WordPress:

  1. Ide nama domain (ini akan menjadi nama blog Anda yaitu seperti  dedipurnomo.com)
  2. Akun web hosting (di sinilah situs Anda ditempatkan di internet) 
  3. Menyelesaikan membaca panduan ini sampai selesai. Baca ya! jangan malas!  Hehehe…

Setelah membaca tutorial ini, InsyaAllah kita akan bisa memulai sebuah blog dari nol dalam waktu kurang dari 30 menit, dan saya akan memandu keseluruhan proses, selangkah demi selangkah.

Siap? Mari kita mulai Tutorial Cara Membuat Website Sendiri Menggunakan WordPress Untuk Pemula .

Langkah 1. Setup

Cara membuat website sendiri menggunakan wordpress untuk pemula adalah tutorial yang sangat santai. Jadi jangan serius-serius baca tutorialnya. Bikin kopi dulu sana. Hehehe

Baik kita lanjutkan. Di atas, saya menyebutkan bahwa wordpress adalah plugin gratis. Ada yang tahu jawaban kenapa gratis? Baiklah, walaupun tidak ada yang bertanya, saya tetap harus menjelaskan hal ini karena ini penting. WordPress gratis karena kita harus melakukan setup dan host sendiri.

Dengan kata lain, kita memerlukan nama domain dan web hosting .

Sebuah nama domain adalah apa yang orang ketik untuk sampai ke situs web kita. Ini alamat website kita di internet. Seperti google.com atau dedipurnomo.com. Sudah ngerti kan? Lanjut ya!

Web hosting adalah tempat kita meletakan file website kita. Ada yang gratis dan ada yang berbayar. Kalau yang gratis bisa menggunakan https://infinityfree.net (tentu dengan banyaknya keterbatasan yang ada. hehehe)dan kalau ingin yang berbayar banyak sekali tersedia di Indonesia. Salah satunya adalah Hostinger Indonesia. Di sana juga tersedia tutorial instalasi WordPress Hostinger.

Baca Juga  Cara Membuat Website Desa Mudah dan Cepat

Harga domain biasanya sekitar 140rb. Tapi kalau membeli sebuah hosting, biasanya kita akan mendapatkan domain secara gratis sebagai bonus karena kita telah membeli hosting.

Saya anggap kita sudah berhasil memiliki domain dan hosting. Mari lanjut ke langkah ke-2. Tenang, sebentar lagi teman-teman akan bisa membuat website sendiri menggunakan wordpress.

Langkah 2. Cara Membuat Website Sendiri – Install WordPress

Setelah membeli domain dan hosting, kita akan mendapat informasi cpanel yang dikirim ke email kita. Selanjutnya silahkan masuk ke cPanel dan kita akan melihat puluhan ikon untuk berbagai layanan dan fitur. Ini bisa sedikit berlebihan, jadi abaikan sebagian besar dari mereka karena kita tidak perlu menggunakannya. Kita hanya perlu fokus pada Softacolous Apps Installer.

Cara membuat website dengan wordpress

Di sini banyak sekali Platform yang bisa kita gunakan untuk membuat sebuah website. Semog suatu saat bisa kita bahas satu persatu. Untuk saat ini fokus dulu ke wordpress ya!

Klik wordpress dan akan tampil seperti gambar di bawah ini:

membuat website dengan wordpress dengan mudah

Setelah itu silahkan jalankan instalasi dengan menekan tombol Install Now. Lalu, kita akan melihat gambar di bawah ini:

membuat website dengan wordpress yang sangat mudah

Yang perlu diperhatikan di sini adalah Admin Username dan Admin Password. Ini yang nanti kita gunakan untuk login kedalam website atau blog wordpress kita.

Tips: Gunakan admin dengan nama yang unik dengan kombinasi huruf dan angka, jangan gunakan “admin” karena ini akan mudah ditebak. Pun juga dengan Passwordnya. Gunakan kombinasi yang kuat.

Cara Membuat Website Sendiri

Setelah ini semua, kita cukup menekan satu tombol untuk membuat website kita. Tombol paling bawah yaitu tombol Install. Email silahkan diisi dengan email yang diinginkan. Kalau sudah selesai.

Baca Juga  Kerja Online Yang Menghasilkan Uang di Rumah

Kita telah membuat situs WordPress kita. mudah kan? URL login WordPress kita akan terlihat seperti ini:

http://websitekita.com/wp-admin

Klik pada link login WordPress untuk login ke dashboard. Sekarang kita siap untuk menyesuaikan template situs web dan mulai blogging.

Semoga tutorial yang singkat ini bisa membantu. Jika tutorial ini tidak sesuai dengan yang Anda inginkan atau ingin tutorial yang lain terkait pembahasan ini atau ada hal-hal yang ingin didiskusikan silahkan hubungi saya melalui WhatsApp 0852 1516 9179.

Mari berdiskusi lebih lanjut tentang hal ini, bergabung dengan saya di group facebook  Kerja Online Indonesia.

Shortlink:

Post Comment