Cara Mencari Keyword Yang Tepat Dengan Google Keyword Planner

Cara Mencari Keyword Yang Tepat Dengan Google Keyword Planner

Cara mencari keyword yang tepat dengan google keyword planner adalah artikel yang saya persembahkan untuk teman-teman yang ingin mengembangkan bisnis ke dunia online atau sekedar menulis di internet dan ingin agar tulisannya mendapatkan lebih banyak pengunjung. Hal ini sangatlah penting. Karena dengan ini, kita bisa mengetahui kata apa yang paling banyak digunakan untuk mencari dan masih berhubungan dengan produk atau jasa yang kita jual secara online.

Yang akan kita gunakan adalah alat (tool) GRATIS dari google yang sangat mengagumkan. Alat ini akan memberi tahu kita kata yang digunakan oleh calon pengunjung blog atau toko online kita. 

Catatan: bahwa alat ini dirancang dengan pengiklan AdWords. Jadi ada banyak fitur di alat ini (seperti fitur penawaran kata kunci) yang tidak akan berguna bagi kita. Dalam panduan ini, saya akan menunjukkan cara mendapatkan nilai SEO paling banyak dari Google Keyword Planner.


 

Step by step cara mencari keyword yang tepat dengan google keyword planner

LANGKAH 1: AKSES GOOGLE KEYWORD PLANNER

Kunjungi link https://adwords.google.com/home/tools/keyword-planner. Setelah masuk ke halaman tersebut, silahkan masuk dengan menggunakan akun Gmail teman-teman. Jika baru pertama mengakses ini, teman-teman harus membuat akun Adwords terlebih dahulu di sana. Ikuti saja petunjuknya, masukkan beberapa informasi yang diminta.

Catatan: Tidak perlu menjalankan kampanye aktif untuk menggunakan GKP. Karena disini kita tidak ingin memasang iklan di Adwords. 

Setelah selesai membuat akun Adwords, login ke akun Google Adwords. Kemudian klik “Tools” dari toolbar dan pilih “Keyword Planner”

Cara Mencari Keyword Yang Tepat Dengan Google Keyword Planner

Kita akan diberi tiga alat yang berbeda:

Kita hanya perlu menggunakan 3 alat untuk penelitian kata kunci. Kalau saya pribadi paling sering menggunakan “Telusuri kata kunci baru menggunakan frasa, situs web, atau kategori” Apa perbedaan dari ketiga alat ini? Saya terangkan di Langkah 2

LANGKAH 2: PILIH ALAT

Perencana Keyword yang saya contohkan adalah “cemilan

Sesuai janji saya di atas, saya akan menunjukkan perbedaan dari ketiga tools yang diberikan Google.

Baca Juga  Mengapa Saya Sulit Untuk Menulis? Blogger Wajib Baca!

Cari kata kunci baru dengan menggunakan frase, situs web atau kategori

Ingatlah bahwa kata kunci yang kita dapatkan dari alat ini biasanya sangat erat didasarkan pada kata kunci induk yang kita masukkan ke dalamnya. Inilah cara memanfaatkannya dengan maksimal:

Produk atau layanan Anda: Ini sebenarnya di mana kita memasukkan “kata kunci induk”. Dalam hal ini saya akan mencontohkan dengan kata “cemilan” seperti yang saya sebutkan di atas.

Halaman landas Anda: Ini terutama untuk pengguna Adwords. Biasanya saya mengosongkan kolom ini. 

Kategori produk Anda: Ini memungkinkan kita mengakses database kata kunci internal Google untuk berbagai industri. Saya juga tidak pernah mengisi kolom ini.

Penargetan: Penargetan adalah tool untuk menentukan negara, bahasa, dan penelusuran yang akan kita gunakan untuk pemasaran. Dalam hal ini kita isikan “Indonesia”

Dapatkan Ide: Setelah semua kolom yang dibutuhkan terisi, silahkan langsung menekan tombol “Dapatkan Ide”

LANGKAH # 3: MENGGUNAKAN LAMAN HASIL KATA KUNCI

Setelah mengeklik tombol Dapatkan Ide, kita akan mendapatkan kata kunci yang berhubungan dengan kata “cemilan“. 

Penjelasan gambar di atas:

  • Istilah Penelusuran: Ini adalah kata kunci utama yang masukkan pada langkah 2. Dalam contoh kali ini tertulis kata “cemilan”. Teman-teman bisa menyesuaikan dengan bisnis teman-teman.
  • Kata kunci (menurut relevansi): Ini adalah daftar kata kunci yang menurut Google paling relevan dengan kata kunci utama yang kita masukkan “Istilah Penelusuran”.
  • Penelusuran bulanan rata-rata.  Telah jelas. Namun, perlu diingat bahwa ini adalah jangkauan sekian sampai sekian dan bukan indikator volume pencarian yang super akurat.
  • Persaingan: Ini mencerminkan jumlah pengiklan yang menawar kata kunci tersebut (Ini digunakan untuk orang-orang yang ingin memasang iklan di Adwords)
  • Tawaran yang disarankan: Namun cara lain yang solid untuk mengukur potensi monetisasi kata kunci. Semakin tinggi tawaran yang disarankan, maka semakin menggiurkan lalu lintas.

Dalam tutorial ini, kita hanya akan fokus kepada kolom Kata kunci (menurut relevansi) dan Penelusuran bulanan rata-rata.

Baca Juga  Cara Usaha Kecil-Kecilan di Desa [Terbaru]

LANGKAH 4: TEMUKAN KATA KUNCI TERBAIK

Caranya adalah dengan mendownload ide kata kunci yang diberikan oleh google. Setelah itu buka di Microsoft Excel. Setelah terbuka, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Sort berdasarkan Penelusuran bulanan rata-rata dan buang yang jumlah perncarian 10-100. 
  • Utamakan kata kunci yang panjang tapi tetap menjelaskan produk, layanan atau konten kita secara khusus.

 

LANGKAH 5: MELIHAT PERSAINGAN KATA KUNCI

Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar kita dapat menemukan keyword atau kata kunci yang banyak dicari namun sedikit pesaing. Dengan demikian, kita akan dengan mudah mendapatkan pengunjung tanpa harus susah bersaing dengan pesaing yang banyak.

Caranya adalah ketikan di google “allintitle: kata kunci yang ingin dicek“. Dalam hal ini contoh kita adalah kata kunci yang berhubungan dengan cemilan. Contoh dari data yang saya dapatkan adalah sebagai berikut:

Pada gambar di atas telah saya berikan dua warna. Yakni hijau dan merah. Keyword dengan warna hijau adalah keyword yang bagus untuk dijadikan judul postingan. Kenapa? Karena jika dilihat adalah tingkat pencarian yang tinggi dengan persaingan yang rendah.

Sedangkan keyword yang saya beri warna merah adalah contoh keyword dengan kualitas buruk. Kenapa? Karena persaingan yang tinggi. Artinya telah banyak artikel yang tersedia di Google dengan judul demikian. Maka sebaiknya saran saya jangan menggunakan kata atau kalimat itu untuk membuat judul postingan.

Penutup artikel cara mencari keyword yang tepat dengan google keyword planner

Demikian artikel ini, banyak kekurangan saya mohon maaf. Semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman. Jika ada yang ingin ditanyakan atau butuh jasa riset kata kunci, silahkan hubungi saya melalui WhatsApp 0852 1516 9179. Dengan senang hati saya akan membantu menentukan kata kunci yang tepat untuk bisnis teman-teman.

Mari belajar bersama dan berdiskusi lebih lanjut tentang hal ini, bergabung dengan saya di group facebook  Kerja Online Indonesia.

Salam Blogger Indonesia.

Baca Juga  [ VIDEO ] Cara Mencari Keyword Yang Tepat Dengan Google Keyword Planner

Shortlink:

Post Comment