Cara Meningkatkan Kecepatan Blogspot

Cara Meningkatkan Kecepatan Blogspot

Tutorial Cara Meningkatkan Kecepatan Blogspot adalah untuk mengatasi lambatnya blog. Lambatnya blog adalah sesuatu yang paling dibenci oleh pengunjung, bukan hanya orang tapi juga Google. Namun, kecepatan pemuatan halaman adalah bagian dari keberhasilan SEO.

Dikatakan beberapa tahun yang lalu (2010) oleh Google bahwa pemuatan halaman loading akan menjadi bagian dari rangking. Sebenarnya, blog yang lamban terlihat menjengkelkan dan juga akan mempengaruhi User Experience (UX) atau pengalaman pennggunna meski ternyata bisa memiliki User Interface (U. I) yang baik, bukan berarti blog itu perlu berat. Beberapa orang mengunjungi blog karena konten di blog yang bagus dan tidak membuang banyak waktu dalam memuat halaman.

Jadi, Kecepatan pemuatan yang lambat adalah faktor utama yang membuat rasio pentalan menjadi tinggi di blog. Pernahkah membayangkan mengapa tingkat bouncing blog kita terus meningkat? Hal ini karena pengunjung tidak ingin menyia-nyiakan banyak waktu menunggu blog kita dimuat dengan benar sehingga saat mereka mengambil konten yang mereka cari, mereka langsung terpental karena kecepatan pemuatan blo. Masalah ini (loading speed) yang umum diperhatikan di blog Blogspot tidak seperti menggunakan blog WordPress. Untuk blog WordPress, semuanya bisa disesuaikan atau diatur dengan mudah karena banyak plugin yang bisa meningkatkan kecepatan loading blog yang lambat, namun sayangnya bagi pengguna blogger, mereka kurang beruntung memanfaatkan fitur seperti itu karena hampir semuanya terintegrasi di dalam tema, jadi ini akan menjadi pekerjaan tersendiri bagi para pengguna blogspot jika ingin meningkatkan kecepatan blognya.

Baiklah, akan kita bahas. Ada banyak hal yang berkaitan pada masalah ini dan saya kira bahwa masalah kita akan bisa ditanngani dengan tutorial ini. Namun, tutorial ini tidak bisa dipakai pada semua tema blogger (tema premium tepatnya). Tutorial ini telah dilakukan pada dua aspek tema blogger (premium dan tema gratis) – untungnya, ini berlaku untuk tema versi gratis tapi sayangnya tidak berlaku pada tema versi premium.

Dengan demikian, kita tetap bisa mencobanya di tema premium. Sebelum melanjutkan dengan tutorial ini, kita perlu memeriksa kinerja blog kita untuk mengetahui apakah kecepatan pemuatan blog kita meningkat setelah mengikuti tutorial dengan saksama.

Masalah blog Blogger yang paling mungkin muncul dalam kecepatan pemuatan berkaitan dengan aspek yang berbunyi: Hilangkan JavaScript dan CSS perenderan yang menghalangi pemblokiran di konten paruh atas.

Namun demikian, dalam Tutorial Cara Meningkatkan Kecepatan Blogspot akan kita hadapi masalah tersebut (Cara menghapus rendering-blocking JavaScript dan CSS). Selain itu, ada kontributor lain dari halaman Lambat Loading Blogger Blogger yang meliputi:

  • Mengunggah Video (Gadget YouTube).
  • Besar Eksternal HTML / JavaScript.
  • Gambar besar
  • Redaktur Landing Page dan banyak lagi.

 

Baca Juga  [Meningkatkan SEO Blog] Cara Menambahkan Meta Tag Ke Blogger (Blogspot)

Mari kita mulai Cara Meningkatkan Kecepatan Blogspot.

Cara Menghilangkan Render-blocking JavaScript dan CSS:

  • Pertama dan terutama, kita perlu masuk ke dasbor Blogger kita
  • Pilih Tema => Edit HTML
  • Klik pada Ctrl F dan cari <head>
  • Ganti dengan kode &lt;head&gt;
  • Setelah itu, cari </head> dan ganti dengan kode ini &lt;/head&gt;&lt;!–<head/>–&gt;

mempercepat loading blogspot

  • Sekarang klik save untuk menyimpan tema kita, dengan prosedur di atas, kita telah berhasil menghilangkan kumpulan CSS. Sekarang kita dapat memeriksa apakah Kumpulan CSS telah dihapus dari blog Anda dengan mengunjungi Google PageSpeed ​​Insight Tool .

Sekarang, mari kita menuju Cara Menghilangkan JavaScript pemblokir Render.

  • Masuk ke dasbor Blogger.
  • Go-to theme => Edit HTML .
  • Klik pada Ctrl F untuk memudahkan pencarian.
  • Cari tag </body>
  • Kemudian ganti dengan kode ini &lt;!–</body>–&gt;&lt;/body&gt;

cara menambahkan meta tag pada blogspot

  • Selanjutnya, klik Save Theme untuk menyimpan karya kita ini.
Dan sekarang, kita telah berhasil menghilangkan rending-blocking JavaScript. Bukan hanya itu tapi dengan prosedur di atas kita telah belajar Cara Meningkatkan Kecepatan Blogspot dan kita juga dapat memeriksa kembali untuk melihat bahwa dua kesalahan utama yang menyebabkan blog kita melambat telah berhasil dihilangkan melalui PageSpeed Insights Tool.
Jika Tutorial Cara Meningkatkan Kecepatan Blogspot ini bermanfaat, jangan lupa untuk turut membagikan kepada rekan-rekan blogger agar bisa membantu yang lain. 
Salam Blogger Indonesia..

Share This Post

6 Responses to "Cara Meningkatkan Kecepatan Blogspot"

  1. tulisan artikel nya kudah banget di fahami…di perbanyak lagi mas…terutama masalah memaximalkan blogspot via gt matrix,speed insight dan buat selengkap mungkin…pasti joss gandos deh visitor nya…hehhe

    Reply
    1. Terima kasih atas kunjungan dan masukan Pak Puji, semoga bisa segera dibuat dan kita diskusikan tentang hal itu bersama teman-teman termasuk Pak Puji.

      Reply

Post Comment