cara usaha kecil-kecilan di desa

in Onlinepreneur, Pola Pikir

Cara Usaha Kecil-Kecilan di Desa [Terbaru]

Artikel kali ini membahas tentang cara usaha kecil-kecilan di desa. Mungkin sebagian teman-teman bertanya mengapa saya membuat tulisan dengan judul seperti ini. Jawabannya adalah karena banyak yang bertanya tentang hal ini. Saya tidak tahu pasti alasan apa yang melatar belakangi teman-teman sehingga banyak yang menanyakan hal demikian. Beberapa alasan di bawah ini mungkin salah satu ada yang menjadi alasan teman-teman. Yaitu diantaranya:

  1. Teman-teman tinggal di desa dan ingin mempunyai usaha kecil-kecilan yang bisa membantu perekonomian keluarga.
  2. Teman-teman tinggal/ sedang bekerja di kota, lalu berfikir ingin kembali ke desa dan mengembangkan usaha secara mandiri di desa tercinta.
  3. Teman-teman tinggal/ sedang bekerja di kota dan ingin mendapatkan pendapatan tambahan dengan membuka usaha yang dikendalikan dari kota.
  4. Alasan lain silahkan berikan di kolom komentar. (Nanti kita diskusikan ya. Hehee)

Baiklah, langsung saja kita bahas.

Kabar buruknya adalah, bahwa tidak ada rumus khusus yang baku dalam hal ini. Kenapa? karena setiap desa pasti mempunyai potensi yang berbeda pula. Sehingga tentu diperlukan cara dan trik yang berbeda untuk memulai sebuah usaha. Dan disinilah seni dari seorang pengusaha. Dibutuhkan kejelian yang tajam untuk melihat peluang.

Tapi tenang, jangan putus asa dulu! Ini kabar baiknya, saya akan berikan trik atau cara yang mudah dan terukur. Bisa diterapkan dengan jenis produk yang berbeda sesuai dengan produk atau jasa yang ada di desa teman-teman.

Namun ada syarat yang harus kita penuhi untuk mempraktikkan tips kali ini. Yaitu kita harus mempunyai website. Teman, raga dan kerja boleh di desa, tapi website kita, biarlah mengudara tak terhalang samudera. Setuju?

Sudah siap? Mari kita mulai !

Baca Juga  Ini Cara Menghasilkan Uang Melalui Internet

 

Cara Usaha Kecil-Kecilan di Desa Melalui Internet

Langkah Pertama, amati produk atau jasa yang ada di desa kita. Saya berikan satu contoh. Di desa saya yang mayoritas penduduknya adalah petani dan peternak sapi, seakan tidak ada jasa yang bisa “dijual” secara online. Tapi, bagi orang yang jeli, ada satu potensi besar yang sebenarnya sangat memiliki nilai jual.

Pada kasus ini saya ambil contoh jasa “penitipan dan penggemukan sapi“. Jika teman-teman membaca postingan saya sebelumnya yaitu Cara mencari keyword yang tepat dengan google keyword planner. Maka teman-teman akan melihat data seperti di bawah ini.

Cara Usaha Kecil-Kecilan di Desa Melalui Internet

Sedikit akan saya jelaskan tentang data di atas.

  • Keyword: ini adalah kata kunci yang banyak dicari oleh orang-orang di internet.
  • Persaigan di Internet: Ini adalah jumlah artikel yang ada di internet yang menggunakan judul Keyword disampingnya.
  • Rata-Rata Pencarian Per Bulan: Bayangkan kalau dalam satu bulan ada yang masuk ke website kita minimal 100 orang dan tertarik dengan jasa yang kita tawarkan. Tentu hal ini sangat membantu para petani atau peternak dalam mendapatkan modal usaha.

Oleh karena itu, segera lakukan riset dan amati semua produk atau jasa yang ada di desa teman-teman.

Langkah kedua, setelah kita mengetahui jasa dan peluang yang bagus di dunia online. Segera buat website atau blog yang menjelaskan dan menawarkan jasa kemitraan usaha ternak dari desa kita. Komunikasikan dengan petani-petani atau peternak di desa kita tentang proses perjanjian sampai dengan ketentuan bagi hasilnya secara tertulis dan lengkap agar kita bisa meyakinkan pengunjung website kita nanti bahwa usaha pertanian dan peternakan desa kita bisa dipertanggung jawabkan.

Baca Juga  Desa Tulus Ayu Membangun Kreatifitas Melalui Website

Langkah ketiga, dengan website atau blog yang telah dibuat pada langkah kedua, mulailah menulis dan menawarkan bisnis kerjasama bagi hasil tersebut di blog atau website. Gunakan kata-kata yang dapat meyakinkan pengunjung website kita.

Langkah keempat,  PRAKTEK !! Langkah-langkah yang saya berikan diatas tidak akan berdampak apapun tanpa ada praktek langsung dari teman-teman.

Ingat. Amati setiap produk dan jasa yang ada di desa kita lalu riset dengan Google Keyword Planner seperti yang telah kita bahas sebelumnya. Produk dan jasa ini sangat luas. Bisa jasa las, jasa modifikasi kendaraan bermotor, bahkan sampai dengan jasa pemborong bangunan. Selama peluangnya di internet bagus dan ada masyarakat desa yang mau diajak kerjasama, jangan ragu untuk menginformasikan dan menawarkan jasa tersebut melalui internet.

Bayangkan ketika ada orang-orang dari kota yang kelebihan uang membaca artikel kita di internet dan tertarik dengan penawaran kerjasama yang kita tawarkan. Akan banyak sekali peternak yang terbantu dalam mendapatkan modal dan lapangan pekerjaan.

Penutup Artikel Cara Usaha Kecil-Kecilan di Desa

Demikian artikel ini saya tulis dengan penuh kesungguhan karena berharap dengan ini bisa memberikan ide bagi teman-teman untuk memajukan desanya tercinta. Semoga dapat bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan atau butuh konsultasi lebih lanjut, silahkan hubungi saya melalui WhatsApp 0852 1516 9179. Dengan senang hati saya akan memandu teman-teman dalam mempraktikkan cara usaha kecil-kecilan di desa.

Pertanyaan saya, kenapa harus usaha kecil-kecilan kalau bisa langsung usaha besar-besaran di desa? Hahaa Salam Blogger Indonesia.

Tulis komentar

Comment