in Pola Pikir

KENALI DIRI KITA

Tidak semua orang yang naik motor tau tentang mesin motor. Setuju? Seringkali dia merasakan motornya tidak ada masalah, seakan semua baik-baik saja. Tiap hari dipakai, tiap hari dikendarai, tiap hari membantu menghantarkannya ke tempat yang ingin dia tuju. Ini berbahaya. Karena bisa jadi, suatu hari motornya akan rusak parah sehingga aktifitasnya terhambat.

 

Baiklah. Bagaimana agar hal ini tidak terjadi?

Service berkala? Yup.. Tanyakan kepada orang yang mengerti tentang mesin motor kita. Dialah BENGKEL. Bahkan ketika kita berfikir semua baik-baik saja.

 

Coba kita tarik kasus tersebut kedalam kehidupan kita. Orang yang merasa sudah benar tidak akan pernah menjadi benar. Maka itu, untuk menjadi benar, kita harus tahu kesalahan kita. Lalu bagaimana kita bisa tahu kesalahan dan kekurangan diri kita? Sehingga kita bisa segera memperbaiki yang pada akhirnya keburukan kita tidak merugikan kita sendiri dikemudian hari.

 

Inilah kita-kiatnya:

  1. Datang ke orang alim, ustadz yang bisa memberikan arahan, sering-sering meminta nasihat.
  2. Carilah teman yang mencintai kita dengan tulus, yang sering mengkoreksi dan menasihati kita secara baik dan rahasia.
  3. Dengarkan ucapan orang yang tidak suka dengan kita. Merekalah yang sangat tahu kekurangan kita. Dengarkan agar dapat kita gunakan sebagai bahan intropeksi diri.
  4. Hidup bergaul dengan orang sehingga kita bisa mengambil nilai-nilai kebaikan.

Semoga bermanfaat dan dapat membuat akhlak kita menjadi baik. Mohon diingatkan, mohon dimaafkan atas segala kesalahan.

Tulis komentar

Comment