Kerja Online Yang Menghasilkan Uang di Rumah

Kerja Online Yang Menghasilkan Uang di Rumah

Kerja Online Yang Menghasilkan Uang di Rumah sudah saya jalani. Kerja online adalah ketika Anda bekerja tanpa bertemu dengan klien. Semua komunikasi, transaksi dan serah terima produk atau jasa diakukan secara online melalui media internet. Kerja online bisa dikerjakan dimana saja selama Anda terhubung dengan jaringan internet. Ciri utama dari kerja online adalah Anda tidak membuat produk sendiri sebelum ada perintah dari bos. Yang tidak lain bosnya adalah klien Anda. Kerja online berbeda dengan bisnis online.

Kerja Online VS Bisnis Online

Kerja online sudah saya jelaskan sebagaimana paragraf di atas. Sedangkan bisnis online adalah kegiatan yang tidak terlepas dari tiga hal. Yaitu pembelian, produksi dan penjualan barang atau jasa yang melibatkan orang atau perusahaan. Jadi jika seseorang hanya membeli lalu menjual produk tanpa memproduksi barang dan atau jasa, maka menurut saya namanya bukan seorang pembisnis online, tetapi sekedar penjual online. Dan banyak diantara penjual online yang merasa bahwa dirinya adalah pembisnis online. Padahal bukan. Tentu masih jauh untuk dikatakan sebagai pembisnis online.

Maka dari itu, tentu tidak mudah untuk menjadi seorang pembisnis online. Dan langkah awal untuk menjadi seorang pembisnis online yang paling mudah adalah dengan cara menjadi pekerja atau penjual online terlebih dahulu.

Banyak pembisnis online yang sukses memproduksi barang atau jasa berkualitas namun mereka gagal dalam mendistribusikan produk atau jasa mereka kepada orang yang tepat. Maka dari pertimbangkan matang-matang jika Anda ingin menjadi pembisnis online dengan memproduksi sebuah barang. Pastikan Anda memiliki saluran distribusi yang tepat untuk barang dan atau jasa Anda.

Oleh karena itu saya mempunyai sebuah pribahasa, “Kerja Online Dahulu – Bisnis Online Kemudian”. Ini adalah wujud dari pribahasa yang dulu kita pelajari ketika sekolah dasar. Yaitu Berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian bersakit-sakit dulu bersenang-senang kemudian. Demikian pula dengan bisnis online, tentunya kita harus sabar dalam membangun hal itu. Proses yang singkat seringkali membuahkan hasil yang tidak memuaskan.

Putus asa, inilah yang banyak dialami oleh orang-orang yang ingin memiliki bisnis online tanpa memperhatikan dan menyadari bahwa dibutuhkan perjuangan keras untuk membangun dan mengelola bisnis online tersebut. Maka dari itu, mulailah bisnis online itu dari kerja online. Maksudnya apa? Yaitu, jangan posisikan Anda sebagai owner atau pemilik bisnis online yang Anda bangun. Tapi posisikan diri Anda sebagai pekerja online terlebih dahulu sebelum menjadi pembisnis online.

Baca Juga  Apa itu ONLINEPRENEUR?

Kerja Online Adalah Solusi Terhindar Dari Kemacetan

Bagi Anda yang benar-benar ingin terhindar dari kemacetan jalanan ibukota atau yang ingin mempunyai lebih banyak waktu bersama keluarga, baca artikel ini sampai habis! Untuk membaca artikel tentang tips dan trik jualan online silahkan klik Onlinepreneur.

Kalau kita lihat, kemacetan di ibukota itu hanya pada jam-jam tertentu. “Jam sibuk” katanya. Nah, berangkat ke kantor lebih pagi atau pulang lebih petang itu BUKAN SOLUSI. Itu hanya penyelamatan semata. Sampai kapan mau seperti itu? Kita ingin punya lebih banyak waktu untuk keluarga bukan?

Lalu solusinya apa?

Begini.. Macet dan antri untuk suatu hal menghabiskan banyak waktu bukan? Ini terjadi karena terlalu banyak orang yang beraktifitas diwaktu yang bersamaan. Terutama untuk bekerja. Disini persoalannya.

Terlalu banyak orang yang melakukan sesuatu dalam waktu yang bersamaan. Kenapa ngga gantian? Kenapa kita tidak mencari waktu bekerja yang berbeda dengan orang kebanyakan?

Caranya adalah jika orang lain berangkat kerja dari jam 06:30 – 08:30, kenapa kita tidak berangkat jam 10:00? Pasti jalanan sudah jauh lebih lengang.

Adakah pekerjaan yang masuknya jam 10:00?

Ini adalah pertanyaan yang sulit dijawab jika yang ada dalam fikiran kita adalah pekerjaan di sebuah kantor atau perusahaan. Sangat jarang perusahaan yang memberlakukan jam masuk sesiang itu. Kecuali memang jam kerja yang menggunakan shift.

Jika bekerja di perusahaan tidak memungkinkan untuk masuk kerja sesiang itu, mulailah berfikir untuk tidak bekerja di perusahaan.

Bangunlah kehidupan yang berbeda dengan kebanyakan orang diluar sana. Mungkin ini adalah sesuatu yang menurut Anda gila. Tapi tidak untuk saya karena sudah banyak orang yang berhasil dengan pekerjaan onlinenya.

Kerjanya ngapain?

Kerjanya masih bisa sama dengan seperti yang sekarang Anda kerjakan di perusahaan. Hanya saja cara memasarkannya saja yang berbeda. Jika sebelumnya keahlian Anda dibeli oleh sebuah perusahaan, sekarang bagaimana caranya menjual keahlian Anda kepada orang banyak.

Baca Juga  Perbedaan Website Murah 100rb dengan 70jt

Contoh Kerja Online – Menjual Keahlian

Contoh kerja online #1

Jika Anda adalah seorang yang ahli dibidang desain grafis dan bekerja di sebuah perusahaan, mulai sekarang berfikirlah untuk memberitahukan keahlian Anda itu kepada orang banyak. Buatlah video tutorial untuk diupload di Youtube, rencanakanlah untuk membuat website dengan membeli domain agar brand Anda semakin kuat.

Contoh kerja online #2

Jika Anda adalah seorang yang mempunyai imaginasi tinggi dan mampu menulis dengan kualitas yang baik. Anda bisa menjual jasa pembuat artikel. Dimana satu artikel dengan panjang minimal 300 kata biasa dihargai Rp. 13.000 (Tiga belas ribu rupiah). Semakin panjang atau semakin banyak kata, maka otomatis Anda dapat menjualnya dengan harga yang lebih mahal.

Contoh Kerja Online – Menjadi Internet Marketer

Ini jika Anda merasa tidak percaya diri menjual keahlian yang Anda miliki. Solusi dari hal ini adalah dengan menjual produk dan atau jasa. Dan tidak harus produk Anda sendiri.

Contoh kerja online #3

Di dikat rumah Anda ada seseorang yang pekerjaannya adalah tukang las. Anda melihat bahwa pekerjaanya sangat rapi dan professional. Namun selama ini dia hanya menjual secara offline. Maka ini adalah pelung bagi Anda untuk menjadi marketernya. Tanyakan kepadanya hal-hal yang Anda perlukan seperti harga, poto-poto hasil karya dia, dan lain sebagainya.

Setelah Anda tahu secara garis besarnya, silahkan buat website untuk memasarkannya. Cantumkan nomor Anda yang dapat dihubungi oleh calon pembeli.

Baca: Cara Bikin Website Lewat HP Android – Gratis, Mudah dan Cepat

Tugas kita disini hanya mendatangkan pembeli. Setelah itu, silahkan langsung hubungkan dengan orang yang memang pekerjaanya berkecimpung di dunia las.  Lalu mintalah komisi dari jasa pemasaran yang Anda lakukan.

Peluangnya adalah ketika semakin banyak orang yang menganal Anda dan juga website Anda, Anda dapat merekrut karyawan dan membangun perusahaan yang bergerak dibidang las juga.

Mulailah membangun dari sekarang. Semakin cepat membangun website, maka semakin cepat Anda terbebas dari kemacetan Ibukota.

Baca Juga  5 Cara Menjadikan Hobi Sebagai Sumber Penghasilan Online

Buatlah Database Terlebih Dahulu

Database ini merupakan list orang-orang yang nantinya menjadi target market Anda. Minimal, yang harus Anda miliki adalah list data nama, email, nomor handphone atau media sosial mereka. Kumpulkan mereka dalam satu media. Bisa di group facebook, chanel telegram atau berupa email subscriber.

Berikanlah Manfaat

Saya tekankan kepada Anda yang ingin membangun bisnis online dalam jangka panjang. Jangan melulu memikirkan bagaimana mendapatkan uang dari database yang Anda miliki. Karena ini adalah pola-pikir yang keliru. Teruslah memberikan manfaat untuk mereka. Jangan jadikan uang sebagai tujuan utama. Bangun hubungan yang baik dengan mereka. Jika memang harus menjual suatu produk atau jasa, jual yang benar-benar memberikan manfaat dan membantu mereka. Jika tujuan Anda hanya uang, apa gunanya? Betapa banyak orang memiliki banyak uang namun tidak memberikan manfaat kepada sesama, tetapi justru merugikan banyak orang.


Promo: Dapatkan website profesional dengan domain premium (.com/.net) harga 3.500.000,- 3jt (bisa dicicil 3x).


 

Baca Juga  5 Cara Menjadikan Hobi Sebagai Sumber Penghasilan Online

Penutupan Artikel

Tidak semua pekerjaan online bisa Anda kembangkan menjadi bisnis online. Salah satu contohnya adalah ketika Anda menjual produk dengan brand orang lain yang sudah terkenal. Maka ini akan sulit jika suatu saat Anda memproduksi barang dengan brand Anda sendiri lalu menjual kepada mereka. Saran saya, agar Anda menjual produk yang belum memiliki nama. Misalnya produk-produk custom mulai dari produk kreatif yang kecil sampai produk yang besar seperti perlengkapan rumah. Contohnya adalah salah satu teman saya, yang saya ceritakan di artikel “Tukang las naik haji, ini yang dia lakukan”.

Semoga artikel tentang kerja online ini bermanfaat dan dapat memberikan mindset baru untuk Anda. Jika Anda membutuhkan bantuan tentang pembuatan website dan perencanaan strategi penjualan Anda, dengan senang hati saya siap membantu mewujudkannya.

Salam,
Dedi Purnomo

Share This Post

Shortlink:

Post Comment