Marketing Online Adalah?

Marketing Online Adalah?

Marketing Online adalah cara paling murah dan mudah untuk menjangkau target pasar kita, terlepas dari ukuran bisnis kita.
Tapi bagaimana kita melakukan pemasaran secara online itu?

Mari kita bahas..

Definisi Marketing Online Adalah

Marketing Online adalah proses mempromosikan bisnis atau merek dan produk atau jasa secara online menggunakan alat yang membantu mendatangkan pengunjung, prospek, lalu dikonversi menjadi penjualan.

Marketing online adalah istilah yang cukup luas yang mencakup berbagai strategi pemasaran – termasuk konten, email, search engine, iklan, dan banyak lagi.

Pada artikel kali ini kita akan fokus pada konten marketing. Hal ini karena konten adalah “RAJA” dari Marketing Online. Dengan konten yang baik, kita dapat dengan mudah mengundang calon pembeli yang tertarget untuk mengunjungi website kita lalu melakukan pembelian.

Wikipedia mendefinisikan bahwa “content marketing is a form of marketing focused on creating, publishing, and distributing content for a targeted audience online.” Atau jika kita terjemahkan dalam bahasa Indonesia bahwa konten marketing adalah bentuk pemasaran yang berfokus pada pembuatan, penerbitan, dan distribusi konten untuk khalayak yang ditargetkan secara online.

Inilah pokok dasar dari marketing online. Bahwa pemasaran dilakukan dengan fokus pada pembuatan dan pendistribusian konten yang berkualitas dan relevan secara konsisten. Sehingga orang-orang yang kita perkirakan membutuhkan produk atau jasa yang kita jual bisa menemukan konten kita terlebih dahulu sebelum mereka menemukan produk atau jasa yang kita berikan. Jadi, marketing online ini sangat bertentangan dengan pemasaran tradisional.

Marketing Online vs Pemasaran Tradisional

Inilah merupakan jalur evolusioner dibalik bentuk pemasaran modern yang paling sukses saat ini. Mengapa?

Karena pemasaran tradisional fokus mendorong pesan kepada konsumen untuk membuat mereka membeli. Kita tahu seperti apa tampilan iklan tradisional karena kita diserbu oleh mereka setiap hari. Iklan TV, baliho, iklan majalah, iklan radio ataupun iklan spanduk. Jenis iklan ini mungkin masih berfungsi di beberapa tempat strategis.

Tetapi bagi pengguna internet, mereka akan skip atau melewatkan iklan itu tanpa melihatnya. Mari jujur, bukankah begitu yang kita lakukan ketika iklan muncul secara tiba-tiba? Itulah yang terjadi. Semua orang tahu itu.

Iklan Itu Menjengkelkan

Apakah anda merasakan hal yang sama? Jika iya, kita sepakat dalam hal ini. Maka dari itu, hal-hal yang tidak kita sukai, bisa jadi juga tidak disukai oleh orang lain. Solusinya adalah harus ada pendekatan yang lebih baik dan lebih lembut. Dan cara yang sangat lembut dalam pendekatan ini adalah dengan menggunakan konten-konten bermanfaat. Salah satunya dengan menggunakan website yang kita isi dengan banyak artikel berkualitas.

Baca Juga  Tips Blogger: Merubah Suara Menjadi Teks dengan Pengetikan Google Voice pada Android

Website yang konsisten dalam mempublikasikan konten-konten berkualitas akan mengajarkan hal-hal penting, menginspirasi, memandu, atau memecahkan masalah untuk audiens tertarget mereka. Calon pembeli dapat menemukan konten tersebut di website tanpa harus kita minta mereka untuk mengunjungi website kita.

Jika para pengunjung mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dari konten yang kita terbitkan, mereka akan terus kembali mengunjungi website kita. Akhirnya, konsumen dapat berinteraksi dengan kita pemilik website secara organik dan membagikan konten kita ke media sosial mereka.

Jika kita sudah memberikan manfaat untuk para pengunjung, maka pengunjung itu akan menjadi follower setia kita. Lalu kemudian follower ini dapat diubah menjadi prospek dan penjualan – secara alami.

Semua hal di atas terjadi dengan fokus pada pemberian manfaat kepada pengunjung website. Bantu pengunjung menemukan solusi dari permasalahan yang mereka hadapi. Itulah inti dari marketing online.

Mengapa Marketing Online?

Sekarang kita tahu apa itu marketing online, namun mungkin masih ada yang bertanya – tanya seberapa penting kita harus melakukan ini?

Baiklah, saya akan sedikit menceritakan tentang upaya oline marketing saya sendiri, saya telah merasakan bagaimana usaha jasa pembuatan website yang saya berikan meningkat hanya dengan marketing online melalui website. Dan cara yang saya tempuh adalah persis seperti yang telah kita bahas di atas. Yaitu dengan memberikan manfaat kepada pengunjung. Ketika konten yang kita buat benar-benar bagus dan menjadi jawaban dari pertanyaan pengunjung, maka konten kita dapat melakukan hal-hal yang tidak kita fikirkan sebelumnya.

Beberapa jenis konten yang bisa kita buat adalah sebagai berikut:

1. Artikel Blog

Salah satu jenis konten yang paling umum adalah artikel blog. Inilah yang saya pakai dan ini pula yang banyak mempertemukan saya dengan orang-orang yang membutuhkan jasa pembuatan website saya.

Sebuah website memberi kesempatan bagi kita untuk membuat postingan, halaman, dan konten yang semuanya mengarahkan orang-orang untuk mengunjungi website kita.

Baca Juga  SEO Website Adalah?

Bayangkan bahwa sebuah website adalah sebuah batang pohon. Posting atau artikel yang kita tulis kita adalah cabang yang menjangkau ke sudut-sudut internet dan mesin pencari. Pengguna dapat menemukan cabang kita dan mengikuti cabang itu untuk sampai ke situs utama kita. Itu memberi kita kesempatan lebih besar untuk melakukan penjualan.

Mulailah membuat website dengan domainmu sendiri lalu banyaklah menulis di website itu dengan menggunakan kata kunci yang berhubungan dengan produk yang kamu jual.

2. Podcast

Terkadang menulis tidak semudah yang diinginkan. Bagi sebagian orang, mengungkapkan fikiran atau gagasan dalam bentuk suara menjadi lebih mudah dari pada menulis. Ini juga yang juga saya lakukan ketika mempunyai suatu ide namun sedang malas menulis. Salah satu kelemahan dari podcast ini, apa yang kita rekam tidak mudah ditemukan oleh orang yang kita targetkan seperti menggunakan artikel yang sangat seo friendly.

3. Video

Video adalah jenis konten terpopuler saat ini. Video mudah untuk dicerna, menghibur, dan menarik perhatian pada rentan perhatian saat ini. Namun untuk membuat konten video dengan penyajian yang baik tidaklah mudah. Diperlukan keahlian khusus yang harus dipelajari secara serius.

Strategi Pemasaran Konten

Pemasaran konten tanpa strategi akan membuat pekerjaan kita menjadi sangat berat dan bahkan bisa menghantarkan kita kepada kegagalan. Kita harus memiliki strategi, rencana, alat yang tepat dan bisa mengukur kemajuan konten kita jika kita berharap untuk menjangkau target kita.

Berikut adalah strategi utama dari pemasaran konten yang terlibat:

  • Tujuan. Ini sangat penting. Kita harus tahu goal apa yang ingin kita capai.
  • Tentukan Target Pembaca. Ketika kita mulai membuat artikel, Kita harus tahu siapa yang akan kita ajak bicara dan menyesuaikan tata bahasa yang kita pakai. Jika kita tidak menargetkan audiens yang tepat (orang-orang yang akan membaca apa yang kita tulis), kita tidak akan menemukan kesuksesan.
  • Kata Kunci dan Penelitian. Setelah kita tahu mengapa dan siapa yang membaca artikel kita, kita harus mengetahui jawaban dari pertanyaan-pertanyaan selanjutnya. Yaitu:
    1. Bagaimana kita akan menjangkau audiens kita?
    2. Apa yang ingin mereka pelajari?
    3. Masalah apa yang perlu mereka pecahkan?
    Jika pertanyaan di atas sudah terjawab, kita bisa menentukan kata kunci yang ditargetkan untuk ditemukan dalam hasil mesin pencari, saya sudah pernah membuat panduannya di artikel Cara Mencari Keyword Yang Tepat Dengan Google Keyword Planner.
  • Fokus dan Komitmen.
    Pertanyaan yang harus dijawab agar bisa fokus dan komintem adalah:
    1. Jenis konten apa yang akan kita buat? Misalnya adalah artikel.
    2. Seberapa sering kita menerbitkan artikel? Sehari satu artikel.
    3. Di mana kita akan memposting? Di website.
    Kita harus menguatkan fondasi ini sehingga kita dapat membuat konten yang berkualitas dan dengan konsistensi.
  • Penciptaan Konten.
    Setelah kita menentukan topik, kata kunci, dan audiens yang target, kita dapat mulai membuat konten. Namun, jika kita adalah pemilik bisnis dan membuat tulisan mejadikan banyak waktu kita terbuang. Kita bisa mendapatkan bantuan jika kita membutuhkannya. Banyak penyedia jasa penulisan konten yang bisa kita beli dengan harga yang sangat murah. Sekitar 10ribu sampai 25ribu. Ini tergantung dengan banyak atau sedikitnya kata dalam artikel itu.
  • Promosi Konten. 
    Konten kita akan menjangkau lebih jauh jika kita mempromosikannya dengan cara yang benar. Promosi akan lebih efektif jika kita merencanakan kapan kita menerbitkan artikel kita, menyusun strategi tentang penerbitan di blog kita dan juga di media sosial.
  • SEO Website.
    Ini adalah strategi yang paling murah dan mudah. Silahkan baca di artikel SEO Website Adalah?
Baca Juga  Malas Bikin Konten? Coba Trik Merubah MP3 menjadi Teks Pada Windows

Kesimpulan Marketing Online Adalah

Ingat, ini maraton, bukan sprint. Marketing online yang baru saja kita bahas bukan jenis marketing onlien singkat lalu setelah itu hilang. Kita membangun secara perlahan untuk hasil yang lebih baik dan tahan lama. Untuk bisa mendapatkan tips dan trik terbaru tentang marketing online, silahkan bergabung dalam group kerja online Indonesia yang saya kelola.

Salam,
Dedi Purnomo

Pencarian: manfaat marketing online, pengertian marketing online, jasa marketing online, belajar marketing online, digital marketing online adalah, lowongan marketing online, pemasaran online, marketing online shop, Definisi marketing online, contoh marketing online, marketing online yang sesungguhnya, strategi marketing online, marketing online wikipedia, marketing online pdf, kursus marketing online, mengembangkan bisnis dengan markting online, marketing online, marketing online, marketing online, marketing online, marketing online, marketing online, marketing online, marketing online, 

Post Comment