Mengelola Menu Custom pada WordPress

Mengelola Menu Custom pada WordPress

Mengelola Menu Custom pada WordPress. Iya, WordPress memungkinkan kita untuk membuat menu custom, yang biasanya berfungsi sebagai menu navigasi untuk situs kita. Fitur WordPres’s Menu memudahkan kita untuk melakukan itu semua sehingga kita terlihat sebagai seorang programmer yang handal. Hehee

Menu yang kita buat, bisa dengan mudah diarahkan ke laman, kategori, link khusus, tag atau jenis konten lainnya. Bahkan, hal lain yang sagat menguntungkan adalah tidak ada batas berapa banyak menu yang dapat kita buat, jadi jika tema WordPress kita mencakup lebih dari satu lokasi menu, kita dapat memilih menu khusus mana yang akan diasosiasikan dengan setiap lokasi.

Dalam tutorial ini, kita akan kupas tuntas tentang bagaimana cara mengelola menu pada WordPress ini. Termasuk membuat, menghapus dan mengedit Menu. Sudah siap? mari kita bahas.

Cara Membuat Menu Custom di WordPress

1. Untuk memulai membuat menu yang sesuai dengan keinginan kita, masuk ke situs WordPress kita dan klik Appearance lalu Menu di sisi kiri Dasbor WordPress.

2. Sekarang kita berada pada halaman editor Menu.

mengelola menu custom pada wordpress

Gambar di atas adalah tampilan dari menu editor website saya, dedipurnomo.com. Perhatikan pada gambar yang berada di dalam kotak warna merah. Disana terdiri dari dua bagian. Select a menu to edit dan create a new menu. pengertian dari keduanya adalah arti dari kata itu sendiri. Kita semua pasti sudah tahu gunanya. Pada tutorial ini, anggap saja kita belum mempunyai menu untuk diedit. Jadi kita mulai dari membahas create a new menu.

3. Sesuai dengan kesepakatan kita di atas, pilih create a new menu

4. Setelah itu, berikan nama menu. Ini sesuai dengan kehendak kita. Berikan nama yang menggambarkan menu itu. Misal ketika menu itu adalah menu yang berada dibagian atas sebuah website, maka berikan nama “TOP Menu”. Jika menu tersebut akan ditelakan di buttom area dari sebuah website, berikan nama “Buttom menu” dan seterusnya. Dalam hal ini saya memberikan dengan nama “Menu Baru”. Klik Create Menu.

Baca Juga  Cara Membuat Website Desa Mudah dan Cepat

5. Menambahkan menu ke menu baru yang baru saja kita buat. Setelah kita klik tombol “Create Menu”, kita akan melihat pada sisi kiri terdapat Pages, Post, Projects, Custom Links, Categories, dan lain-lain. Ini tergantung dari template yang kita pakai. 

Silahkan pilih klik salah satu item tersebut lalu berikan tanda ceklis dan tekan tombol “Add to Menu

Cara mengelola menu custom pada wordpress

6. Jika ingin menjadikan sub menu untuk sebuah menu yang lain, kita tinggal menggeser menu yang ingin dijadikan sebagai sub menu itu ke kanan di bawah menu yang akan dijadikan parent menu. 

Pada gambar di bawah, WordPress dan Blogspot adalah sub menu untuk Menu utama Blogging.

cara mengelola menu pada wordpress create

Sehingga pada Front End akan tampil seperti gambar di bawah ini, Menu WordPress dan Blogspot merupakan sub menu dari blogging.

cara mengelola menu pada wordpress front end

 

Demikian tutorial Mengelola Menu Custom pada WordPress. Sangat mudah dan semua orang bisa praktek secara mandiri. Untuk menghapus, mengedit menu, silahkan klik-klik semua link yang ada di sana. Saya yakin kita semua bisa. Jangan takut salah, jangan takut error. Kalau salah, kalau error, nanti kita diskusikan. Sebagai bocoran, kalau mau edit, pilih Select Menu to Edit, dan kalau ingin menghapus cari tulisan “Delete Menu” setelah memilih Select Menu to Edit.  Gampang kan? Hehee

Salam Blogger Indonesia.

Post Comment