Tenang Saja! Merokok Tidak Menyebabkan Kematian

Tenang Saja! Merokok Tidak Menyebabkan Kematian

Begini, ada satu kalimat yang sangat terkenal dan lekat bagi para perokok. “MEROKOK MENYEBABKAN KEMATIAN !” Saya katakan ini TIDAK sepenuhnya benar. Buktinya banyak juga perokok yang hidup lebih lama di dunia ini. Banyak perokok yang tetap bisa beraktifitas sampai usia mencapai setengah abad. BAHKAN LEBIH. Jadi jika dikatakan merokok itu memperpendek umur dan mendekatkan kepada kematian, saya katakan itu TIDAK sepenuhnya benar. Tetapi jika dikatakan merokok mengganggu kesehatan, saya fikir itu jauh lebih tepat.

Disini saya tidak ingin membela para perokok. Tapi bicara kematian, berarti kita bicara takdir. Kematian sudah Allah tentukan. Kapan, dimana, lagi ngapai, sama siapa. Semua sudah Allah atur.

Kembali lagi kepada rokok dan kematian. Pertanyaan sederhana tentang perokok yang diberi umur panjang oleh Allah? Itu merupakan NIKMAT atau BENCANA yang Allah berikan?

Diberi umur panjang tapi setiap bangun tidur badan terasa berat. Diberi umur panjang, tapi setiap hari merasakan dada yang sesak karena asap rokok. Diberi umur yang panjang tapi uangnya tidak dimanfaatkan untuk hal-hal yang bermanfaat. Padahal nanti kita akan dimintai pertanggungjawaban atas semua harta yang kita miliki. Diberi umur panjang tetapi tidak merasakan ketenangan kecuali setelah menghisap rokok. Diberi umur panjang tapi menderita impotensi (disfungsi ereksi). Kan kasian setiap berhubungan intim anunya ngga bisa anu (Eh terlanjur diketik, dibuang sayang).

Jadi, ketika perokok diberi umur panjang lengkap dengan segala penyakit yang menyertainya, itu nikmat atau adzab? Kita sudah tau semua jawabannya. Yang jelas, merokok tidak bisa dikatakan sebagai penyebab kematian. Tapi kalau rokok itu dikatakan sebagai penyebab berkurangnya kesehatan yang berujung kepada kematian, saya setuju.

Ditulis dengan cinta karena mengharapkan agar kita bisa bersama-sama hidup sehat tanpa rokok. I LOVE YOU.

Dedi Purnomo || Jakarta, 05 September 2016

Dulu diposting di facebook https://www.facebook.com/dedipurnomocom/posts/1183490601708030

Shortlink:

Post Comment