Hikmah digigit anjing

in Hikmah

TERIMA KASIH ANJING

Ucapan terimakasih ini tulus. Sangat tulus untuk anjing milik Bpk. Imam Negara. Badannya besar, kekar, tugasnya menjaga rumahnya di Cirendeu, Jakarta Selatan.

Anjing, bagi kami umat islam termasuk hewan yang najis. Bahkan jikaanjing minum di salah satu bejana milik kita, maka Nabi memerintahkan untuk mencuci bejana tersebut sebanyak tujuh kali (HR. Bukhari no. 172 dan Muslim no. 279).

 

Tapi sebagaimanapun najisnya anjing, tidak mungkin diciptakan kecuali ada manfaatnya. Tidak ada yang sia-sia atas segala yang telah Allah ciptakan.

 

2011. Pengangguran, tidak tahu mau ngapain di Jakarta. Lamaran kerja pun ditolak karena banyaknya persyaratan yang tidak seperti yang diharapkan perusahaan. Setiap hari berusaha memanjatkan do’a terbaik agar Allah memberikan petunjuk apakah melanjutkan perjuangan atau kembali pulang ke kampong halaman menjadi petani.

Do’a terbaik sudah dipanjatkan. Alih-alih Allah mengirimkan rejeki dengan diterima kerja di perusahaan anu atau perusahaan inu. Jauh dari yang diharapkan. Ternyata Allah mengirimkan Anjing untuk menggigitku. Baju dan celana sobek akibat duel dengan anjing herder berwarna hitam itu. Darah mengucur karena si anjing berhasil menggigit bagian lengan dan kakiku. Sakit? Banget !!

Beruntung si anjing rajin di vaksin sehingga insyaAllah aku terhindar dari penyakit yang mungkin bisa aku derita. Beruntung juga si pemilik anjingbersedia bertanggung jawab dengan merawatku di sebuah klinik yang berada tidak jauh dari tempat tinggal pemilik anjing.

Marah? Pasti. Kesal? Jangan ditanya lagi.
Tapi disini yang membuat aku tak lagi berani marah dan berprasangka buruk kepada Allah. Lantaran digigit anjing ini, aku dipertemukan dengan seorang yang sangat dermawan yang mengarahkan bahkan selalu meberikan nasihat-nasihat baik kepadaku. Sampai pada akhirnya mendorongku untuk belajar bahkan kuliah di salah satu perguruan tinggi di Jakarta.

Bahkan ketika sekarang aku mempunyai banyak teman yang luar biasa, aku selalu bersukur kepada Allah dan ingin berterima kasih dengan anjingmakhluk ciptaanNya. Karena dia sudah sangat patuh mengikuti perintah Allah untuk menggigitku saat itu. Alhamdulillah..

Mohon dishare karena banyak sahabat kita yang harus dikuatkan dan diyakinkan bahwa tidak ada yang buruk dari semua yang telah Allah takdirkan. Jika bagi kita itu buruk, bukan karena takdirnya yang buruk, tapi karena kita tidak tau hikmah apa yang tersimpan dari musibah yang kita alami.

Dedi Purnomo || Jakarta 25 Februari 2017
Terima kasih anjing.

Tulis komentar

Comment