Tips Blogger: Merubah Suara Menjadi Teks dengan Pengetikan Google Voice pada Android

Tips Blogger: Merubah Suara Menjadi Teks dengan Pengetikan Google Voice pada Android

Kali ini saya akan membagikan tips untuk temen-temen blogger, Merubah Suara Menjadi Teks dengan Pengetikan Google Voice pada Android. Tutorial ini membahas bagaimana cara menuangkan pikiran, ide atau gagasan, dalam bentuk tulisan yang bisa disajikan dalam sebuah web tanpa harus mengetik. Menurut saya ini sangat membantu, karena terkadang kita sebagai blogger mengalami kendala-kendala ketika hendak menuangkan apa yang sedang kita fikirkan.

Saya sendiri menggunakan trik ini ketika jari telunjuk sebelah kiri saya sedang sakit sehingga saya tidak bisa mengetik dengan lancar. Kemudian saya berfikir untuk mengubah suara saya menjadi sebuah teks yang dengannya dapat saya sajikan menjadi sebuah tulisan di website ini.

Penggunaannya pun sangat mudah. Bisa digunakan dimanapun dan kapanpun. Tulisan ini pun dibuat dalam sebuah perjalanan menggunakan bus dari Bogor ke Jakarta. Yang kita butuhkan hanya sebuah handphone dengan sistem operasi Android yang menyala tentunya, kalau ngedrop yang gak bisa bisa gak bisa bisa yang gak bisa bisa gak bisa bisa. hehehe

Baik langsung kita mulai saja tutorialnya:

1. Pengaturan pada hp dengan OS Android

2. Pilih Setelan tambahan kemudian bahasa dan masukan lalu pilih Pengetikan Google Voice.

3. Setting bahasa menjadi bahasa Indonesia atau seperti settingan saya di bawah bawah ini.

cara merubah suara menjadi teks

 

4. Buka aplikasi catatan atau sejenisnya yang bisa digunakan untuk menulis dalam jumlah yang banyak. Bagi yang sering menulis di blog bisa langsung masuk ke editor postingan yang ada di blog atau website.

5. Klik sekali logo speaker yang ada di sisi kanan, posisi ini mungkin berbeda dengan handphone teman-teman.
Merubah suara menjadi teksJika gambar speaker ini belum ada, silahkan download keyboard jenis “Gboard – Keyboard dari Google” Cari di play store. Salah satu fiturnya adalah Voice Typing.

Baca Juga  TOP 10 Manfaat dari Aktifitas Blogging

6. Ucapkan kata secara teratur dan jelas agar handphone kita bisa mengubah kalimat nya dengan tepat sesuai dengan yang kita inginkan.

7. Pindahkan tulisan kita ke laptop, komputer atau device yang temen-temen gunakan untuk mempostingnya ke website atau blog.

 

Tips: ketika temen-temen mengucapkan kata jangan sampai posisi layar stand by, dalam artian jaga agar layar tetap menyala karena pada kasus yang saya temukan, handphone saya tidak bisa mengubah apa yang saya ucapkan menjadi sebuah kata ketika layarnya dalam posisi stand by. Jadi saya harus menjaga layar HP saya untuk terus menyala.

Kelemahan dari cara ini adalah bahwa aplikasi Google Voice belum bisa mendeteksi tanda baca titik, koma, tanda petik atau yang lainnya sehingga kita harus sedikit mengedit tulisan kita sebelum diposting di sebuah website.

Demikian tutorial kali ini semoga bermanfaat bagi kita semua dan terutama untuk temen-temen blogger khususnya yang semoga dengan tutorial Merubah Suara Menjadi Teks dengan Pengetikan Google Voice pada Android ini, menjadikan kita semua semakin produktif dalam aktivitas blogging kita.

Jika ada hal-hal yang ingin didiskusikan silahkan hubungi saya melalui WhatsApp 0852 1516 9179.

Terima kasih, salam blogger Indonesia.

Shortlink:

One Response to "Tips Blogger: Merubah Suara Menjadi Teks dengan Pengetikan Google Voice pada Android"

Post Comment