TOP 10 Manfaat dari Aktifitas Blogging

TOP 10 Manfaat dari Aktifitas Blogging

TOP 10 Manfaat dari Aktifitas Blogging. Sebenarnya banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari aktifitas ngeblog. Apa saja? Baiklah, kita jangan membahas mengenai uang dulu. Menghasilkan uang dari ngeblog adalah manfaat no sekian dari banyaknya manfaat yang bisa kita dapatkan. Loh, emang ada yang lebih penting dari pada uang? Hehe.. Ya sebenarnya penting atau tidaknya sesuatu tergantung dari apa tujuan seseorang. Kalau tujuan ngeblognya uang, ya, yang terpenting dari ngeblog adalah uang.

Tapi menurut saya ada yang lebih penting dari sekedar uang. Berikut Top 10 Manfaat dari Aktifitas Blogging menurut saya:

1. Membangun Jaringan

Jaringan brother. Mulai dari pertemanan sampai dengan jaringan bisnis. Wow.. Ada yang lebih penting dari “teman”? Bayangkan betapa asiknya kalau kita punya teman di setiap daerah, setiap kota. Hidup kita tidak akan sepi. Banyak teman. Ini lebih penting dari sekedar duit.

2. Personal Branding

Sebegitu penting kah personal branding sampai saya menempatkan ini di urutan nomer 2??

Gini deh, ada yang mau coba langsung untuk membuktikan betapa pentingnya personal branding ini? Kalau mau coba, klik link facebook Mas Dewa Eka Prayoga yang memasarkan sebuah produk, salin dan posting ulang dengan menggunakan akun facebook kita pribadi. Buat sama persis. Apakah hasilnya sama? Hehee.. Pasti beda. Apa yang membedakan? Anda sudah tau jawabnya.

Nah.. aktifitas ngeblog ini bisa meningkatkan personal branding kita khususnya di dunia online. Kalau belum punya blog, cepet bikin !!

3. Menjadi Penulis yang Baik

Apa istimewanya menjadi seorang penulis?

Istimewanya adalah kita bisa mengekspresikan, mengemukakan pendapat dan mempengaruhi orang lain untuk melakukan kebaikan seperti yang kita inginkan. Banyak loh orang yang ingin mengajak orang lain berbuat kebaikan tapi nyatanya tidak ada yang mengikuti itu. Menyedihkan bukan?

Baca Juga  Panduan Blogging: Cara Memaksimalkan Gambar Untuk Website

Ngeblog ini salah satu cara untuk mengasah keahlian menulisa kita. Mau jadi penulis yang baik? Mulai nulis dari sekarang !!

4. Mendapatkan Kritik dan Saran Secara Cepat.

Loooh, kritik kok manfaat !! Kritik kan berarti orang tidak setuju dengan jalan pikiran kita. Piye to mas Dedi !!

Hehee.. Benar, sebaian orang berfikir demikian. Tapi tidak dengan saya, saya termasuk orang yang  sangat butuh kritik dan nasihat.

Dengan ngeblog, kita bisa mengemukakan apa yang kita fikirkan terhadap sesuatu, dari sana akan banyak sekali koreksi jika terhadap apa yang saya fahami. Kalau tidak saya tuliskan, bagaimana orang mau mengkritik? kalau tidak ada yang mengkritik, selamanya  saya tidak akan tahu kalau pola pikir saya itu salah. Cepet nulis, biar dikritik !!

5. Memulai Bisnis Baru

Awalnya nulis seputar hobi  dan apa yang terlintas difikiran. Tapi tau ngga, kalau aktifitas ini ketika menjadi sebuah kebiasaan bisa mendatangkan uang? Sudah tau tentang kampung blogger di Magelang yang digagas Mas Sumbodo?? Coba cari tahu tentang  itu. Keren loh.

6. Meningkatkan Keahlian.

Ini akan terjadi ketika kita berkomitmen dengan “niche” blog kita. Misalkan blog kita berbicara tentang dunia komputer. Kita pasti menuntut diri kita pribadi untuk terus mengikuti perkembangan dunia komputer agar bisa menyajikan artikel menarik di blog kita. Dari situ, tanpa kita sadari pengetahuan kita akan terus update dan keahlian kita meningkat.

Masuk akal kan ya? Heheee


7. Mendapatkan Keahlian Baru

Ini yang saya rasakan. Dulu, saya tidak mengerti tentang apa itu desain web. Awalnya nulis sembarangan yang pengen ditulis, Tapi kan mau ngga mau kita pengen blog kita tampil begini dan begitu, Nah ternyata setelah menekuni dan “ngoprek” blog, saya justru jadi lebih tertarik dengan desain web itu sendiri. Akhirnya sampe beli banyak banget buku dan video tutorial tentang desain web. Sekarang sedikit banyak saya tau apa itu html, css, javascript, dll. Coba deh, bikin ngeblog, pasti nanti pengen ngerubah warna tampilan lah, pengen bikin tulisan berjalan di blog lah, aaah.. banyak pokoknya.

Baca Juga  Mengapa Saya Sulit Untuk Menulis? Blogger Wajib Baca!

Tanpa disadari, kita akan learning by doing soal desain web itu sendiri. Belum lagi tentang copywriting, pemasaran online. Banyak deh keahlian yang bakal kita dapat dengan aktifitas blogging ini.


8. Membangun Kepercayaan Online

Ini hal terpenting ketika kita ingin membangun sebuah bisnis online. Kepercayaan ini mahal bro ! Eh,, sory, salah kalau katakan mahal. Karena kepercayaan ini tidak ada harganya. Kalau mahal masih bisa dibeli. Inilah kenapa ada ungkapan “You can’t buy trust!” Ayo cepet bikin blog. Nulis ! Share yang kita bisa. Jangan pelit berbagi ilmu.

9. Bebas Berekspresi

Saya memasukan hal ini pada artikel Top 10 Manfaat dari Aktifitas Blogging ini karena Ngeblog merupakan bentuk terkuat untuk mengekspresikan diri. Di sini bisa share tulisan, audio, video. Wah banyak pokoknya. Dan dari sinilah kita bisa menemukan jati diri kita (Cieelaaaaah udah kayak jaman majapahit pake jati diri)

Eh.. tapi bener loh. Coba bayangin, kalau isi blog kita tentang hobi kita, pasti pengunjung blog kita juga punya hobi yang sama dengan kita. Masa iya blog kita bahas burung kenari ternyata pengunjungnya orang hobi otomotif? hahaaaa

10. Membantu Sesama

Tulislah sesuatu yang bermanfaat untuk pembaca. Sedekah ilmu bro. Ini keren loh. Coba bayangkan kalau kita menulis tentang tips menghasilkan uang melalui internet. Ternyata  pembaca tulisan kita mempraktekan dan menghasilkan uang dari aktifitas mereka menggunakan internet. Mereka mendapatkan penghasilan dari Allah melalui inspirasi setelah membaca tulisan kita. Keren kan?

Gimana? Banyak banget kan manfaatnya. Yuk ah, dunia dikelilingi internet. Segera hijrah menjadi blogger. 😀

Salam blogger Indonesia. Gabung ke group  Kerja Online Indonesia ya. Nanti kit sharing-sharing di sana.

Baca Juga  Cara Menjadi Blogger Yang Menghasilkan Uang

Shortlink:

One Response to "TOP 10 Manfaat dari Aktifitas Blogging"

  1. Benar sekali artikel di atas, dunia sudah di kelilingi oleh internet…Mungkin dari menjadi seorang personal blogger yang berkelanjutan maka akan membukakan jalan untuk terjun bebas di dunia bisnis online dan internet marketing. #SalamBloggerIndonesia

    Reply

Post Comment